Minggu, 01 Juli 2012

Askep Ibu Nifas


       I.            Konsep Dasar Nifas
A.    PENGERTIAN:
Puerperium (masa nifas) adalah masa sesudah persalinan yang diperlukan untuk pulihnya kembali alat kandungan yang lamanya 6 minggu. Kejadian yang terpenting dalam nifas adalah involusi dan laktasi.
Masa nifas adalah periode sekitar 6 minggu sesudah melahirkan anak, ketika alat – alat reproduksi tengah kembali kepada kondisi normal.  ( Barbara F. weller 2005 )
Post partum adalah proses lahirnya bayi dengan tenaga ibu sendiri, tanpa bantuan alat – alat serta tidak melukai ibu dan bayi yang umumnya berlangsung kurang dari 24 jam. (Abdul Bari Saifuddin,2002 )

B.     MASA POST PARTUM
1.      Immediet post partum periode ( 24 jam pertama setelah melahirkan )
2.      Early post partum periode ( hari kedua sampai ketujuh setelah melahirkan )
3.      Late post partum ( minggu kedua/ketiga sampai keenam setelah melahirkan )

C.    ADAPTASI FISIOLOGIS
Adaptasi atau perubahan yang terjadi pada ibu post partum normal, yaitu :
1.      System reproduksi
a.       Involusi uterus
Proses kembalinya uterus ke keadaan sebelum hamil setelah melahirkan disebut involusi. Proses ini dimulai segera setelah plasenta keluar akibat kontraksi otot-otot polos uterus. Dalam waktu 12 jam, tinggi fundus mencapai kurang lebih 1 cm diatas umbilicus. Dalam beberapa hari kemudian, perubahan involusi berlangsung dengan cepat. Fundus turun kira-kira 1 sampai 2 cm setiap 24 jam. Pada hari pascapartum keenam fundus normal akan berada dipertengahan antara umbilicus dan simpisis pubis. Uterus tidak bisa dipalpasi pada abdomen pada hari ke-9 pascapartum.
b.      Kontraksi
Intensitas kontraksi uterus meningkat secara bermakna segera setelah bayi lahir, diduga terjadi sebagai respons terhadap penurunan volume intrauterine yang sangat besar. Hemostasis pascapartum dicapai terutama akibat kompresi pembuluh darah intramiometrium, bukan oleh agregasi trombosit dan pembentukan bekuan. Hormone oksigen yang dilepas kelenjar hipofisis memperkuat dan mengatur kontraksi uterus, mengkompresi pembuluh darah, dan membantu hemostasis. Selama 1 sampai 2 jam pertama pascapartum intensitas kontraksi uterus bisa berkurang dan menjadi tidak teratur. Karena penting sekali untuk mempertahankan kontraksi uterus selama masa ini, biasanya suntikan oksitosin ( pitosin ) secara intravena atau intramuscular diberikan segera setelah plasenta lahir.
c.       Afterpains
Pada primipara, tonus uterus meningkat sehingga fundus pada umumnya tetap kencang. Relaksasi dan kontraksi yang periodik sering dialami multipara dan bisa menimbulkan nyeri yang bertahan sepanjang masa awal puerperium.
d.      Lokia
Pengeluaran darah dan jaringan desidua yang nekrotik dari dalam uterus selama masa nifas disebut lokia. Lokia ini terdiri dari lokia rubra (1-4 hari) jumlahnya sedang berwarna merah dan terutama darah, lokia serosa (4- 8 hari) jumlahnya berkurang dan berwarna merah muda ( hemoserosa ), lokia alba (8-14 hari) jumlahnya sedikit, berwarna putih atau hampir tidak berwarna.
e.       Serviks
Servik mengalami involusi bersama-sama uterus. Setelah persalinan , ostium eksterna dapat dimasuki oleh dua hingga tiga jari tangan; setelah 6 minggu postnatal, serviks menutup.
f.       Vulva dan vagina
Vulva dan vagina mengalami penekanan serta peregangan yang sangat besar selama proses melahirkan bayi, dan dalam beberapa hari pertama setelah proses tersebut, kedua organ ini tetap berada dalam keadaan kendur. Setelah 3 minggu, vulva dan vagina kembali kepada keadaan tidak hamil dan rugae dalam vagina kembali kepada keadaan tidak hamil dan rugae dalam vagina secara berangsur-angsur akan muncul kembali sementara labia menjadi lebih menonjol.
g.      perineum
Segera setelah melahirkan, perineum menjadi kendur karena sebelumnya teregang oleh karena tekanan kepala bayi yang bergerak maju. Pada postnatal hari ke 5, perineum sudah mendapat kembali sebagian besar tonusnya sekalipun tetap lebih kendur dari pada keadaan sebelum melahirkan.

h.      payudara
Payudara mencapai maturasi yang penuh selama masa nifas kecuali jika laktasi disupresi, payudara akan menjadi lebih besar, lebih kencang dan mula – mula lebih nyeri tekan sebagai reaksi terhadap perubahan status hormonal serta dimulainya laktasi.
i.        traktus urinarius
Buang air kecil sering sulit selama 24 jam pertama. Kemungkinan terdapat spasme ( kontraksi otot yang mendadak diluar kemaluan ) sfingter dan edema leher buli – buli sesudah bagian ini mengalami kompresi antara kepala janin dan tulang pubis selama persalinan. Urin dalam jumlah yang besar akan dihasilkan dalam waktu 12 – 36 jam sesudah melahirkan. Setelah plasenta dilahirkan, kadar hormone estrogen yang bersifat menahan air akan mengalami penurunan yang mencolok. Keadaan ini menyebabkan diuresis. Ureter yang berdilatasi akan kembali normal dalam tempo 6 minggu.

2.      Tanda – tanda vital
suhu pada hari pertama ( 24 jam pertama ) setelah melahirkan meningkat menjadi 380C sebagai akibat pemakaian tenaga saat melahirkan dehidrasi maupun karena terjadinya perubahan hormonal, bila diatas 380C dan selama dua hari dalam sepuluh dari pertama post partum perlu dipikirkan adanya infeksi saluran kemih, endometriosis dan sebagainya. Pembengkakan buah dada pada hari ke 2 atau 3 setelah melahirkan dapat menyebabkan kenaikan suhu atau tidak.

3.      System kardiovaskuler
a.       Tekanan darah
Tekanan darah sedikit berubah atau tetap. Hipotensi ortostatik, yang diindikasikan oleh rasa pusing dan seakan ingin pingsan segera berdiri, dapat timbul dalam 48 jam pertama.
b.      Denyut nadi
Nadi umumnya 60 – 80 denyut permenit dan segera setelah partus dapat terjadi takikardi. Bila terdapat takikardi dan badan tidak panas mungkin ada perdarahan berlebihan atau ada penyakit jantung. Pada masa nifas umumnya denyut nadi lebih labil dibanding suhu. Pada minggu ke 8 sampai ke 10 setelah melahirkan, denyut nadi kembali ke frekuensi sebelum hamil.
c.       Komponen darah
Hemoglobin, hematokrit dan eritrosit akan kembali kekeadaan semula sebelum melahirkan.

4.      System endokrin
Pengeluaran plasenta menyebabkan penurunan signifikan hormone – hormone yang diproduksi oleh organ tersebut. Kadar estrogen dan progesterone menurun secara mencolok setelah plasenta keluar, kadar terendahnya tercapai kira – kira satu minggu pascapartum. Pada wanita yang tidak menyusui kadar estrogen mulai meningkat pada minggu kedua setelah melahirkan dan lebih tinggi dari pada wanita yang menyusui pada pascapartum hari ke 17 ( bowes ,1991 )
Kadar prolaktin meningkat secara progresif sepanjang masa hamil. Pada wanita menyusui, kadar prolaktin tetap meningkat sampai minggu keenam setelah melahirkan ( Bowes, 1991 ). Kadar prolaktin serum dipengaruhi oleh kekerapan menyusui, lama setiap kali menyusui, dan banyak makanan tambahan yang diberikan.

5.      System perkemihan
Perubahan hormonal pada masa hamil ( kadar steroid yang tinggi ) turut menyebabkan peningkatan fungsi ginjal, sedangkan penurunan kadar steroid setelah wanita melahirkan sebagian menjelaskan sebab penurunan fungsi ginjal selama masa pascapartum. Fungsi ginjal kembali normal dalam waktu satu bulan setelah wanita melahirkan. Diperlukan kira – kira 2 sampai 8 minggu supaya hipotonia pada kehamilan dan dilatasi ureter serta pelvis ginjal kembali kekeadaan sebelum hamil. ( Cunningham, dkk; 1993 ) pada sebagian kecil wanita, dilatasi traktus urinarius bisa menetap selama tiga bulan.

6.      System gastrointestinal
Ibu biasanya lapar setelah melahirkan, sehingga ia boleh mengkonsumsi makan – makanan ringan. penurunan tonus dan mortilitas otot traktus cerna menetap selama waktu yang singkat setelah bayi lahir. Kelebihan analgesia dan anestesi bisa memperlambat pengembalian tonus dan motilitas keadaan normal. Buang air besar secara spontan bisa tertunda selama dua sampai tiga hari setelah ibu melahirkan. Keadaan ini bisa disebabkan karena tonus otot usus menurun selama proses persalinan dan pada awal masa pascapartum, diare sebelum persalinan, enema sebelum melahirkan, kurang makan atau dehidrasi. Ibu sering kali sudah menduga nyeri saat defekasi karena nyeri yang dirasakannya diperineum akibat episiotomy, laserasi atau hemoroid.

7.      System muskuloskletal
Adaptasi ini mencakup hal – hal yang membantu relaksasi dan hipermobilitas sendi dan perubahan pusat berat ibu akibat pembesaran rahim. Stabilisasi sendi lengkap pada minggu keenam sampai ke 8 setelah wanita melahirkan.

8.      System integument
Kloasma yang muncul pada masa kehamilan biasanya menghilang saat kehamilan berakhir. Hiperpigmentasi diareola dan linea nigra tidak menghilang seluruhnya. Kulit yang meregang pada payudara, abdomen, paha dan panggul mungkin memudar tapi tidak hilang seluruhnya.

D.    ADAPTASI PSIKOLOGIS
Rubin ( 1961 ) membagi menjadi 3 fase :
1.      Fase taking in yaitu fase ketergantungan, hari pertama sampai dengan hari ketiga post partum, fokus pada diri sendiri, berperilaku pasif dan ketergantungan, menyatakan ingin makan dan tidur, sulit membuat keputusan.
2.      Fase taking hold yaitu fase transisi dari ketergantungan kemandiri, dari ketiga sampai dengan kesepuluh post partum, fokus sudah ke bayi, mandiri dalam perawatan diri, mulai memperhatikan fungsi tubuh sendiri dan bayi, mulai terbuka dalam menerima pendidikan kesehatan.
3.      Fase letting go yaitu fase dimana sudah mengambil tanggung jawab peran yang baru, hari kesepuluh sampai dengan enam minggu post partum, ibu sudah melaksanakan fungsinya, ayah berperan sebagai ayah dan berinteraksi dengan bayi.

E.     PATOFISIOLOGI


Post partum/masa nifas/puerperium




Aspek fisiologis                                                                       Aspek psikososial



Tanda vital           Sist.kardiovaskuler              Sist.endokrin               Sist.urinaria                   Kelahiran bayi



          Sist.pencernaan            Sist.muskuloskletal              ReproduksiPerubahan dalam keluarga



                Adaptasi                Tidak beradaptasi
Suhu meningkat                 Sensasi eks.bawah
Breast engorgement           Tromboplebitis
                                            Edema                                                                     Resiko ggn.proses parenting

Nyeri                                    Ggn. Pemenuhan ADL                       Diuresis
Resiko gangguan proses laktasi                                                     Urgensi
Resiko infeksi puerperalis                                                         Urinary frekuency

           Nafsu makan Meningkat               Prod. Hormon turun.
           Penurunan tonus abdomen           Prolaktin meningkat      Ggn. Eleminasi BAK
                                                                 Prod. ASI

Resiko konstipasiResiko ggn. Proses parenting

                               
                                Bradikardia                                      Involusi uteri
                                Takikardia                           involusi daerah impalntasi plasenta
                                                                                     Cerviks
                                Instability vasomotor                Perubahan pd. vagina
                                                                       Kencang pd clitoris dan labia
                                Diaporesis/menggigil                    Luka perineum
                                                                         Pengeluaran kolostrum.
                                Gangguan rasa nyaman
                                Resiko infeksi puerperalis 
                                                                              Ggn.rasa nyaman(nyeri)
                                                                               Resiko ggn proses laktasi


   II.            ASUHAN KEPERAWATAN PADA MASA NIFAS

A.    PENGKAJIAN
1.      Riwayat kehamilan dan persalinan
a.       Lama persalinan
b.      GPA
c.       Proses persalinan
Tyoepersalinan : forcep, vacuum, banyak darah yang keluar selama persalinan 400 cc, jumlah pembalut / duk yang digunakan setiap hari, pemeriksaan lab. Yaitu : haemoglobin
2.      Tanda – tanda vital
a.       Tekanan darah agak rendah dan normal
b.      Nadi
c.       Suhu meningkat
d.      Pernapasan : dimonitor setiap 4 jam, bila normal (dalam 24 jam)
3.      Kulit
a.       Masker kehamilan
b.      Striae
4.      Payudara
a.       Besar, bentuk bengkak / tidak, warna kulit / areo
b.       Papila menonjol / tidak, lecet, luka
c.       Kebersihan
d.      Colostrum, meningkat pada hari ke 2-3
5.      Abdomen dan fundus uteri
a.       Palpasi : Ukur tinggi fundus uteri, kontraksi, posisi diastasis recti
b.      Auskultrasi : Bising usus
c.       Kaji :Keluhan mules-mules (hisroyen/his pengiring)
6.      Perineum / Rectum
a.       .Observasi : Jahitan, kaji dan keadaan luka episiotomi (REEDA)
b.      Nyeri
c.       Hemoroid
d.      Lochea : Rubra, serosa dan alba
e.       Aliran : Deras, sedang, agak banyak / sedikit

7.      Ekstermitas bawah
Keluhan rasa sakit, pembengkakan, suhu panas, kaji homan’s sign dan
cemas.
8.      Istirahat / rasa nyaman
a.       Lamanya
b.      Sukar tidur, his pengiring, nyeri episiotomi, nyeri hemoroid, cemas.
9.      Kemampuan perawatan diri-bayi
10.  Tingkat energi
11.  Kebiasaan
a.       Status psikologis / emosional
b.       Respon terhadap kelahiran
c.       Respon terhadap keluarga
d.      Persepsi terhadap keluarga
e.       Perubahan psikologis
f.       Adaptasi Keluarga
12.  Pengetahuan : Lakukan tindakan perawataan bayi, perawatan
payudara dan KB

B.     DIAGNOSA KEPERAWATAN
1.      Resiko defisit volume cairan b/d pengeluaran yang berlebihan; perdarahan; diuresis; keringat berlebihan.
2.      Perubahan pola eleminasi BAK (disuria) b/d trauma perineum dan saluran kemih.
3.      Perubahan pola eleminasi BAB (konstipasi) b/d kurangnya mobilisasi; diet yang tidak seimbang; trauma persalinan.
4.      Gangguan rasa nyaman (nyeri) b/d peregangan perineum; luka episiotomi; involusi uteri; hemoroid; pembengkakan payudara.
5.      Resiko infeksi b/d trauma jalan lahir.
6.      Resiko gangguan proses parenting b/d kurangnya pengetahuan tentang cara merawat bayi.
7.      Gangguan pemenuhan ADL b/d kelemahan; kelelahan post partum

C.    RENCANA TINDAKAN
1.      Diagnosa I
Tujuan : Pasien dapat mendemostrasikan status cairan membaik.
Kriteria hasil : tak ada manifestasi dehidrasi, resolusi oedema, haluaran urine di atas 30 ml/jam, kulit kenyal/turgor kulit baik.
Rencana :
a.       Observasi Tanda-tanda vital setiap 4 jam.
Rasional : Mengidentifikasi penyimpangan indikasi kemajuan atau penyimpangan dari hasil yang diharapkan.
b.      Observasi Warna urine.
Rasional : Mengidentifikasi penyimpangan indikasi kemajuan atau penyimpangan dari hasil yang diharapkan.
c.       Pantau Berat badan setiap hari.
Rasional : Mengidentifikasi penyimpangan indikasi kemajuan atau penyimpangan dari hasil yang diharapkan.
d.      Observasi Status umum setiap 8 jam.
e.       Rasional : Mengidentifikasi penyimpangan indikasi kemajuan atau penyimpangan dari hasil yang diharapkan.
f.       Observasi balance cairan.
Rasional : Mengidentifikasi keseimbangan cairan pasien secara adekuat dan teratur
g.      Beritahu dokter bila: haluaran urine < 30 ml/jam, haus, takikardia, gelisah, TD di bawah rentang normal, urine gelap atau encer gelap.
Rasional : Temuan-temuan ini mennadakan hipovolemia dan perlunya peningkatan cairan.
h.      Konsultasi dokter bila manifestasi kelebihan cairan terjadi.
Rasional : Mencegah pasien jatuh ke dalam kondisi kelebihan cairan yang beresiko terjadinya oedem paru.
2.      Diagnosa II
Tujuan : Eliminasi urin normal
Kriteria Hasil : Berkemih tidak di bantu dalam 6-8 jam setelah melahirkan , pola eliminasi urin sesuai kebiasaan klien , karakteristik urin normal.
Rencana :
a.       Kaji masukkan cairan dan keluaran urin terakhir.
Rasional : Mengidentifikasi penyimpangan dalam pola berkemih pasien.
b.       Anjurkan minum 6-8 gelas cairan perhari
Rasional : Minum banyak mempercepat filtrasi pada glomerolus dan mempercepat pengeluaran urine.
c.       Kaji tanda-tanda ISK ( rasa terbakar pada saat berkemih, peningkatan frekuensi, urin kemih ).
Rasional : indikator adanya gangguan eliminasi BAK
d.      Anjurkan pasien melakukan ambulasi dini.
Rasional : Ambulasi dini memberikan rangsangan untuk pengeluaran urine dan pengosongan bladder
e.       Anjurkan pasien untuk membasahi perineum dengan air hangat sebelum berkemih.
Rasional : Membasahi bladder dengan air hangat dapat mengurangi ketegangan akibat adanya luka pada bladder
f.       Anjurkan pasien untuk berkemih secara teratur.
Rasional : Menerapkan pola berkemih secara teratur akan melatih pengosongan bladder secara teratur.
g.      Kolaborasi untuk melakukan kateterisasi bila pasien kesulitan berkemih.
Rasional : Kateterisasi memabnatu pengeluaran urine untuk mencegah stasis urine.

3.      Diagnosa III
Tujuan : Pola eleminasi (BAB) teratur.
Kriteria hasil: pola eleminasi teratur, feses lunak dan warna khas feses, bau khas feses, tidak ada kesulitan BAB, tidak ada feses bercampur darah dan lendir, konstipasi tidak ada
Rencana :
a.       Kaji pola BAB, kesulitan BAB, warna, bau, konsistensi dan jumlah.
Rasional : Mengidentifikasi penyimpangan serta kemajuan dalam pola eleminasi (BAB).
b.      Anjurkan ambulasi dini.
Rasional : Ambulasi dini merangsang pengosongan rektum secara lebih cepat.
c.       Anjurkan pasien untuk minum banyak 2500-3000 ml/24 jam.
Rasional : Cairan dalam jumlah cukup mencegah terjadinya penyerapan cairan dalam rektum yang dapat menyebabkan feses menjadi keras.
d.      Kaji bising usus setiap 8 jam.
Rasional :Bising usus mengidentifikasikan pencernaan dalam kondisi baik.
e.       Pantau berat badan setiap hari.
Rasional :Mengidentifiakis adanya penurunan BB secara dini
f.       Anjurkan pasien makan banyak serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran hijau.
Rasional : Meningkatkan pengosongan feses dalam rektum.
4.      Diagnosa IV
Tujuan : Pasien mendemonstrasikan tidak adanya nyeri.
Kriteria hasil: vital sign dalam batas normal, pasien menunjukkan peningkatan aktifitas, keluhan nyeri terkontrol, payudara lembek, tidak ada bendungan ASI.
Rencana :
a.       Kaji tingkat nyeri pasien.
Rasional : Menentukan intervensi keperawatan sesuai skala nyeri.
b.      Kaji kontraksi uterus, proses involusi uteri.
Rasional : Mengidentifikasi penyimpangan dan kemajuan berdasarkan involusi uteri.
c.       Anjurkan pasien untuk membasahi perineum dengan air hangat sebelum berkemih.
Rasional : Mengurangi ketegangan pada luka perineum.
d.      Anjurkan dan latih pasien cara merawat payudara secara teratur.
Rasional : Melatih ibu mengurangi bendungan ASI dan memperlancar pengeluaran ASI.
e.       Jelaskan pada ibu tetang teknik merawat luka perineum dan mengganti PAD secara teratur setiap 3 kali sehari atau setiap kali lochea keluar banyak.
Rasional : Mencegah infeksi dan kontrol nyeri pada luka perineum.
f.       Kolaborasi dokter tentang pemberian analgesik bial nyeri skala 7 ke atas
Rasional : Mengurangi intensitas nyeri denagn menekan rangsnag nyeri pada nosiseptor

5.      Diagnosa V
Tujuan : Infeksi tidak terjadi.
Kriteria hasil: tanda infeksi tidak ada, luka episiotomi kering dan bersih, takut berkemih dan BAB tidak ada.
Rancana :
a.       Pantau: vital sign, tanda infeksi.
Rasional : Mengidentifikasi penyimpangan dan kemajuan sesuai intervensi yang dilakukan.
b.      Kaji pengeluaran lochea, warna, bau dan jumlah.
Rasional : Mengidentifikasi kelainan pengeluaran lochea secara dini
c.       Kaji luka perineum, keadaan jahitan.
Rasional : Keadaan luka perineum berdekatan dengan daerah basah mengakibatkan kecenderunagn luka untuk selalu kotor dan mudah terkena infeksi
d.      Anjurkan pasien membasuh vulva setiap habis berkemih dengan cara yang benar dan mengganti PAD setiap 3 kali perhari atau setiap kali pengeluaran lochea banyak.
Rasional : Mencegah infeksi secara dini.
e.       Pertahnakan teknik septik aseptik dalam merawat pasien (merawat luka perineum, merawat payudara, merawat bayi).
Rasional : Mencegah kontaminasi silang terhadap infeksi.

6.      Diagnosa VI
Tujuan : Gangguan proses parenting tidak ada.
Kriteria hasil: ibu dapat merawat bayi secara mandiri (memandikan, menyusui).
Rencana :
a.       Beri kesempatan ibu untuk melakuakn perawatan bayi secara mandiri.
Rasional : Meningkatkan kemandirian ibu dalam perawatan bayi.
b.      Libatkan suami dalam perawatan bayi.
Rasional : Keterlibatan bapak/suami dalam perawatan bayi akan membantu meningkatkan keterikatan batih ibu dengan bayi.
c.       Latih ibu untuk perawatan payudara secara mandiri dan teratur.
Rasional : Perawatan payudara secara teratur akan mempertahankan produksi ASI secara kontinyu sehingga kebutuhan bayi akan ASI tercukupi.
d.      Motivasi ibu untuk meningkatkan intake cairan dan diet TKTP.
Rasional : Mneingkatkan produksi ASI.
e.       Lakukan rawat gabung sesegera mungkin bila tidak terdapat komplikasi pada ibu atau bayi.
Rasional : Meningkatkan hubungan ibu dan bayi sedini mungkin.

7.      Diagnosa VII
Tujuan : ADL dan kebutuhan beraktifitas pasien terpenuhi secara adekuat.
Kriteria hasil:
-     Menunjukkan peningkatan dalam beraktifitas.
-     Kelemahan dan kelelahan berkurang.
-     Kebutuhan ADL terpenuhi secara mandiri atau dengan bantuan.
-     frekuensi jantung/irama dan Td dalam batas normal.
-     kulit hangat, merah muda dan kering
Rencana :
a.       Kaji toleransi pasien terhadap aktifitas menggunakan parameter berikut: nadi 20/mnt di atas frek nadi istirahat, catat peningaktan TD, dispnea, nyeri dada, kelelahan berat, kelemahan, berkeringat, pusing atau pinsan.
Rasional : Parameter menunjukkan respon fisiologis pasien terhadap stres aktifitas dan indikator derajat penagruh kelebihan kerja jnatung.
b.      Tingkatkan istirahat, batasi aktifitas pada dasar nyeri/respon hemodinamik, berikan aktifitas senggang yang tidak berat.
Rasional : Menurunkan kerja miokard/komsumsi oksigen , menurunkan resiko komplikasi.
c.       Kaji kesiapan untuk meningkatkan aktifitas contoh: penurunan kelemahan/kelelahan, TD stabil/frek nadi, peningaktan perhatian pada aktifitas dan perawatan diri.
Rasional : Stabilitas fisiologis pada istirahat penting untuk menunjukkan tingkat aktifitas individu.
d.      Dorong memajukan aktifitas/toleransi perawatan diri.
Rasional : Komsumsi oksigen miokardia selama berbagai aktifitas dapat meningkatkan jumlah oksigen yang ada. Kemajuan aktifitas bertahap mencegah peningkatan tiba-tiba pada kerja jantung.
e.       Anjurkan keluarga untuk membantu pemenuhan kebutuhan ADL pasien.
Rasional : Teknik penghematan energi menurunkan penggunaan energi dan membantu keseimbangan suplai dan kebutuhan oksigen.
f.       Jelaskan pola peningkatan bertahap dari aktifitas, contoh: posisi duduk ditempat tidur bila tidak pusing dan tidak ada nyeri, bangun dari tempat tidur, belajar berdiri dst.
Rasional : Aktifitas yang maju memberikan kontrol jantung, meningaktkan regangan dan mencegah aktifitas berlebihan.

  

Daftar pustaka


1.      FKU Padjajaran. Obstetri Fisiologi. Bagian Obstetri dan Ginekologi FKU Padjadjaran Bandung. Penerbit ELEMAN. Bandung. 1983.
2.        Helen Farrer (2001), Perawatan Maternitas Edisi 2, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.
3.        Marylin E. Doengoes, Mary Frances Moorhouse, Alice C. Geissler (2000), Rencana Asuhan Keperawatan: Pedoman Untuk Perencanaan dan Pendokumentasian Perawatan Pasien Edisi 3, Peneribit Buku Kedokteran EGC, Jakarta
4.      Kapay, Glee. Pengkajian Post Partum. [internet]. http://maidun-gleekapay.blogspot.com/2008/05/pengkajian-post-partum.html. (diakses tanggal 26 oktober 2011)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar